WHAT’S
ABOUT E-COMMERCE
Berbicara mengenai E-Commerce, berarti berbicara
mengenai sebuah bisnis besar yang akan selalu naik trendnya tiap waktu. Hal ini
desebabkan banyak manfaat yang ditawarkan oleh E-Commerce kepada calon atau
pelanggannya dalam memenuhi segala kebutuhannya. Mudahnya para pelanggan cukup memainkan
gadgetnya dan pilih hal yang dia inginkan, segera produk akan muncul
dihadapannya.
Indonesia merupakan negara yanng menjadi daya tarik
besar bagi para pemilik modal untuk mengembangkn usahanya. Mereka saling
berlomba-lomba untuk dapat merebut hati para pelanggan denngan segala
keunggulan yang ditawarkannya. Banyangkan saja saat ini proyeksi nilai pada
tahun 2020 akan mencapai $ 130 milliar. Angka tersebut merupakan angka yang
sangat fantastis mengigat E Commerce di Indonesia merupakan trend baru namun
dapat langsusng meledak.
Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai E
Commerce. Hal ini akan berguna dalam mengambil sikap untuk berbisnis ataupun
sebagai pengamat pemasaran di Indonesia. Terdapat beberapa jenis E Commerce
yang didasari dari perbedaan karakteristiknya, seperti :
1. Business-to-Business (B2B)
Business to Business merupakan jenis E
Commerce dimana kegiatan bisnis dilakukan secara besar. Pada umumnya traksaksi
ini dilakukan dengagn cara EDI ( Electronic Data Interchange), email
permintaan, konsultasi produk sampai dengan transaksi. Terdapat beberapa perusahaan
yang menyediakan jasa yang besifat business to business seperti www.ralali.com dan www.bizzy.co.id .
2. Business-to-Consumer (B2C)
Business to Consumer merupakan jenis
yang cukup populer. Hal ini melibatkan perusahaan dengan konsumen. Pada umumnya konsep ini seperti mengvirtualkan
swalayan atau supermarket sehingga para pelanggannya akan lebih mudah untuk
berbelanja walaupun tidak sedang ada dilokasi gerai tersebut.
Perusahaan dengan model bisnis ini
seperti : mataharimall.com, berrybenka.com , bhineka.com
3. Consumer-to-Consumer (C2C)
Consumer to Consumer merupkan jenis e
commerce yang dilakukan antara perorangan. Disini perusahaanhanya sebagai wadah
pemilik dari website yang ditempati oleh para pemilik usaha. Jenis ini sangat
populer, hal ini disebabkan karena melibatkan banyak orang didalamnya dalam
kegiatan bisnisnya.
Terdapat beberapa contoh perusahaan yang
bergerak dalam model bisnis ini. Seperti bukalapak.com, kaskus.com, olx.co.id,
blanja.com, elevania.co.id, lazada.co.id
4. Consumer-to-Business (C2B)
Consumer to Business merupakan jenis
E-Commerce, dimana karakteristiknya adalah kegiatan bisnis yang bersifat
proyek. Disini penyedia website memberikan kemudahan kepada konsumennya untuk
memasarkan produk kepada perusahaan yang membutuhkan barang dan jasanya. Terdapat
contoh perusahaan yang bergerak dimodel bisnis ini yaitu istockphoto.com
0 comments:
Post a Comment