Friday, 10 March 2017

What About E Commerce

WHAT’S ABOUT E-COMMERCE


Berbicara mengenai E-Commerce, berarti berbicara mengenai sebuah bisnis besar yang akan selalu naik trendnya tiap waktu. Hal ini desebabkan banyak manfaat yang ditawarkan oleh E-Commerce kepada calon atau pelanggannya dalam memenuhi segala kebutuhannya.  Mudahnya para pelanggan cukup memainkan gadgetnya dan pilih hal yang dia inginkan, segera produk akan muncul dihadapannya.

Indonesia merupakan negara yanng menjadi daya tarik besar bagi para pemilik modal untuk mengembangkn usahanya. Mereka saling berlomba-lomba untuk dapat merebut hati para pelanggan denngan segala keunggulan yang ditawarkannya. Banyangkan saja saat ini proyeksi nilai pada tahun 2020 akan mencapai $ 130 milliar. Angka tersebut merupakan angka yang sangat fantastis mengigat E Commerce di Indonesia merupakan trend baru namun dapat langsusng meledak.

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai E Commerce. Hal ini akan berguna dalam mengambil sikap untuk berbisnis ataupun sebagai pengamat pemasaran di Indonesia. Terdapat beberapa jenis E Commerce yang didasari dari perbedaan karakteristiknya, seperti :

1. Business-to-Business (B2B)

Business to Business merupakan jenis E Commerce dimana kegiatan bisnis dilakukan secara besar. Pada umumnya traksaksi ini dilakukan dengagn cara EDI ( Electronic Data Interchange), email permintaan, konsultasi produk sampai dengan transaksi. Terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan jasa yang besifat business to business seperti www.ralali.com dan www.bizzy.co.id .

2. Business-to-Consumer (B2C)

Business to Consumer merupakan jenis yang cukup populer. Hal ini melibatkan perusahaan dengan konsumen.  Pada umumnya konsep ini seperti mengvirtualkan swalayan atau supermarket sehingga para pelanggannya akan lebih mudah untuk berbelanja walaupun tidak sedang ada dilokasi gerai tersebut.

Perusahaan dengan model bisnis ini seperti : mataharimall.com, berrybenka.com , bhineka.com

3. Consumer-to-Consumer (C2C)

Consumer to Consumer merupkan jenis e commerce yang dilakukan antara perorangan. Disini perusahaanhanya sebagai wadah pemilik dari website yang ditempati oleh para pemilik usaha. Jenis ini sangat populer, hal ini disebabkan karena melibatkan banyak orang didalamnya dalam kegiatan bisnisnya.

Terdapat beberapa contoh perusahaan yang bergerak dalam model bisnis ini. Seperti bukalapak.com, kaskus.com, olx.co.id, blanja.com, elevania.co.id, lazada.co.id

4. Consumer-to-Business (C2B)


Consumer to Business merupakan jenis E-Commerce, dimana karakteristiknya adalah kegiatan bisnis yang bersifat proyek. Disini penyedia website memberikan kemudahan kepada konsumennya untuk memasarkan produk kepada perusahaan yang membutuhkan barang dan jasanya. Terdapat contoh perusahaan yang bergerak dimodel bisnis ini yaitu istockphoto.com

0 comments:

Post a Comment