Tuesday, 14 March 2017

CHOCOLATE WARS ( HERSHEY VS M&M)

CHOCOLATE WARS

HERSHEY VS M&M

Peluang dapat tercipta hanya dari sekantung coklat & sesendok gula



Siapa kira coklat yang kita rasakan hari ini merupakan produk yang  pernah menciptakan perang. Namun  perang yang dimaksud adalah perang bisnis. Ini terjadi pada pada abad 19 antara Hershey dengan M&M. Dimana kedua perusahaan tersebut saling perang melalui inovasi-inovasi seperti rasa, tekstur, harga, kemudahan dan lainnya.

            Hershey merupakan perusahaan yang didirikan oleh Milton S Hershey pada tahun 1893. Produknya sangat terkenal dan diminati di Amerika . Hal ini disebabkan unggulannya yaitu milk chocolate. Hershey berinovasi dengan berbagai macam varian coklat untuk menguatkan posisinya sebagai market leader  pada zamannya.

M&M awalanya merupakan perusahaan yang berafiliansi dengan Hershey dimana bahan baku dasarnya berasal dari Hershey. M&M sangat populer di Benua Eropa walaupun lahirnya di Benua Amerika. Produk unggul pada saat itu ialah coklat yang tidak lumer dengan cangkang yang keras. Produk ini membuat M&M diminati banyak orang pada saat itu.

kedua perusahaan tersebut saling berkompetisi untuk semakin mendapat perhatian dan penjualan tertinggi dari konsumen. Banyak pendekatan yang mereka lakukan salah satunya dengan pendekatan 4P ( Produk, Price, Place, Promotion) dan 4 C (Customer Solution, Cost , Convinience,Communication).

a. Product dengan Costumer Solution
Pada masa perang, Hershey yang tidak memiliki kemampuan membuat coklat keras mencoba berinovasi memberikan coklat yang dapat tahan panas. Sementara M&M mendapatkan sebuah keuntungan disebabkan awal masuk kedalam dunia coklat telah membawa coklat keras yang telah membuat banyak konsumen rumah tangga bergeser akibat dari brain stroming iklan M&M. Hasil dari inovasi Hershey adalah Dessert Bar dimana menjadi produk bawaan para militer amerika.

b.  Price dengan Cost
       Kedua perusahaan tahu, bahwa perekonomian dunia saat itu sedang kurang baik. Hal ini menjadi sebuah tantangan kedua perusahaan untuk dapat memberikan sebuah inovasi baru  pada pasar. Kedua perusahaan tersebut memberikan inovasi berupa coklat murah kepada para konsumen agar mereka tetap dapat memakan coklat. Terdapat sebuah tantangan bagi kedua perusahaan ketika harga bahan baku coklat naik. Hal ini membuat kedau perusahaan berupaya memberikan alternatif yaitu dengan menaikan atau menciptakan produk baru.

c. Place dengan Convinience
       Tempat atau lokasi menjadi hal yang penting dalam distribusi produk agar dapat terjual dipasar. Mereka dapat melakukan strategi push ataupun pull. Hershey memiliki strategi dimana melakukan pendekatan dengan dunia militer, sehingga dampaknya para tentara menjadi sebuah kebiasaan untuk mengkonsumsi coklat buatan Hershey. Sementara M&M melakukan penyebaran produk yang luar biasa ke seluruh penjuru dunia dari pada Hershey.

d. Promotion dengan Comunication
       Promosi merupakan hal yang harus dilakukan untuk dapat menjadi pilihan utama ketika konsumen akan melakukan kegiatan pembelian. Hal luar biasa dilakukan oleh M&M yaitu dengan melakukan iklan coklat yang tidak lumer serta membuat kartun coklat.

       Dari keempat hal diatas sebenarnya masih terdapat hal yang luar biasa yang perlu ditelaah lebih mendalam terkait perang pemasaran coklat dunia ini.


0 comments:

Post a Comment