CHOCOLATE
WARS
HERSHEY
VS M&M
Peluang dapat tercipta
hanya dari sekantung coklat & sesendok gula
Siapa
kira coklat yang kita rasakan hari ini merupakan produk yang pernah menciptakan perang. Namun perang yang dimaksud adalah perang bisnis.
Ini terjadi pada pada abad 19 antara Hershey dengan M&M. Dimana kedua
perusahaan tersebut saling perang melalui inovasi-inovasi seperti rasa,
tekstur, harga, kemudahan dan lainnya.
Hershey merupakan perusahaan yang didirikan oleh Milton S Hershey pada tahun 1893. Produknya sangat terkenal dan diminati di Amerika . Hal ini disebabkan unggulannya yaitu milk chocolate. Hershey berinovasi dengan berbagai macam varian coklat untuk menguatkan posisinya sebagai market leader pada zamannya.
Hershey merupakan perusahaan yang didirikan oleh Milton S Hershey pada tahun 1893. Produknya sangat terkenal dan diminati di Amerika . Hal ini disebabkan unggulannya yaitu milk chocolate. Hershey berinovasi dengan berbagai macam varian coklat untuk menguatkan posisinya sebagai market leader pada zamannya.
M&M
awalanya merupakan perusahaan yang berafiliansi dengan Hershey dimana bahan
baku dasarnya berasal dari Hershey. M&M sangat populer di Benua Eropa
walaupun lahirnya di Benua Amerika. Produk unggul pada saat itu ialah coklat
yang tidak lumer dengan cangkang yang keras. Produk ini membuat M&M diminati
banyak orang pada saat itu.
kedua
perusahaan tersebut saling berkompetisi untuk semakin mendapat perhatian dan
penjualan tertinggi dari konsumen. Banyak pendekatan yang mereka lakukan salah
satunya dengan pendekatan 4P ( Produk, Price, Place, Promotion) dan 4 C
(Customer Solution, Cost , Convinience,Communication).
a.
Product dengan Costumer Solution
Pada
masa perang, Hershey yang tidak memiliki kemampuan membuat coklat keras mencoba
berinovasi memberikan coklat yang dapat tahan panas. Sementara M&M
mendapatkan sebuah keuntungan disebabkan awal masuk kedalam dunia coklat telah
membawa coklat keras yang telah membuat banyak konsumen rumah tangga bergeser
akibat dari brain stroming iklan M&M. Hasil dari inovasi Hershey adalah Dessert
Bar dimana menjadi produk bawaan para militer amerika.
b. Price dengan Cost
Kedua perusahaan tahu, bahwa perekonomian
dunia saat itu sedang kurang baik. Hal ini menjadi sebuah tantangan kedua
perusahaan untuk dapat memberikan sebuah inovasi baru pada pasar. Kedua perusahaan tersebut
memberikan inovasi berupa coklat murah kepada para konsumen agar mereka tetap
dapat memakan coklat. Terdapat sebuah tantangan bagi kedua perusahaan ketika
harga bahan baku coklat naik. Hal ini membuat kedau perusahaan berupaya memberikan
alternatif yaitu dengan menaikan atau menciptakan produk baru.
c.
Place dengan Convinience
Tempat atau lokasi menjadi hal yang penting
dalam distribusi produk agar dapat terjual dipasar. Mereka dapat melakukan
strategi push ataupun pull. Hershey memiliki strategi dimana melakukan
pendekatan dengan dunia militer, sehingga dampaknya para tentara menjadi sebuah
kebiasaan untuk mengkonsumsi coklat buatan Hershey. Sementara M&M melakukan
penyebaran produk yang luar biasa ke seluruh penjuru dunia dari pada Hershey.
d.
Promotion dengan Comunication
Promosi merupakan hal yang harus
dilakukan untuk dapat menjadi pilihan utama ketika konsumen akan melakukan
kegiatan pembelian. Hal luar biasa dilakukan oleh M&M yaitu dengan
melakukan iklan coklat yang tidak lumer serta membuat kartun coklat.
Dari keempat hal diatas sebenarnya masih
terdapat hal yang luar biasa yang perlu ditelaah lebih mendalam terkait perang
pemasaran coklat dunia ini.
0 comments:
Post a Comment