DISNEY LAND THEME PARK
PRO & CONTRA
PRO & CONTRA
Siapa yang tidak kenal disney,
merupakan sebuah perusahaan yang bergerak menyediakan kesenangan bagi banak
orang didunia ini. Walt Disney Didirikan
pada tanggal 16 Oktober 1923. Perusahaan konglomerat yang bergerak di bidang
hiburan dan media terbesar di dunia Terbagi menjadi 4 bagian utama yaitu Studio
Entertainment, Media Networks, Consumer Products, dan Parks and Resort.
Michael Eisner, CEO Walt
Disney ingin membangun Historical Theme Park di dekat Washington D.C. yang merupakan pasar wisata ketiga terbesar di Amerika dan Prince William County merupakan daerah yang menjadi
target dalam pembangunan taman tersebut. Pembangunan Historical Theme Park Disney di dekat
Washington DC menimbulkan pro kontra bagi sebagian besar politisi,
pesaing bisnis, dan organisasi anti-Disney maupun pro-Disney. Pemilihan lokasi
pembangunan Historical Theme Park menjadi isu bagi kelompok yang kontra
dengan proyek tersebut karena:
1. Dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan
karena jika Disney Land Theme Park dibangun pada lokasi yang diinginkan maka
kemungkinan besar akan menimbulkan beberapa permasalahan seperti kemacetan dan
polusi udara maupun suara.
2. Selain itu hilangnya situs tradisional
didaerah tersebut karena lokasi pembangunan
persis di taman sejarah dan Negara bagian Virginia merupakan Negara yang
memiliki tempat- tempat bersejarah Amerika. Kekhawatiran akan hancurnya
tanda-tanda peninggalan sejarah Amerika di tempat tersebut karena akan
digantikan oleh taman hiburan.
3. Serta Adanya ketidakpercayaan masyarakat terhadap janji yang diberikan
oleh pihak Disney terkait penyediaan lapangan pekerjaan. Disney berjanji,
dengan pembuatan Disney theme park akan membutuhkan pekerja sekitar 19.000
pekerja, namun pihak anti Disney mengklaim bahwa hanya aka nada sekitar 6.300
pekerja yang dibuthkan dan itu pun dengan kondisi pembayaran gaji yang tidak
baik/sesuai. Selain masalah lapangan pekerjaan, pihak anti Disney juga menuduh
bahwa Disney dan Gubernur George Allen
akan menerapkan tarif pajak yang lebih tinggi dari yang dijanjikan.
CEO Walt Disney melakukan lobi agar
mendapatkan dukungan terhadap proyek tersebut. Lobi dilakukan kepada
pemerintah lokal dan perusahaan terkait, dimana Walt Disney menjelaskan bahwa dengan dibangunnya Historical Theme Park maka akan
meningkatkan pendapatan daerah, membuat nama daerah tersebut terkenal, membuka
lapangan pekerjaan, meningkatkan penerimaan pajak dan tenaga kerja, dan
menguntungkan perusahaan terkait. Pihak yang kontra melakukan upaya lobi
terhadap pemerintah daerah, namun gagal. Pada akhirnya, Walt Disney yang berhasil
memenangkan voting (Lobi berhasil).
Public Statement Dari Disney yang Lemah
Perbedaan
statement antara Eisner dan Senior Wakil Presiden Walt Disney (Bob Weis) dalam
menyampaikan misi theme park Disney’s America. Hal tersebut menunjukan
kelemahannya dalam menghadapi media. Pernyataan yang bertolak belakang dengan
tujuan perusahaan ini justru menjadi boomerang bagi pihak Disney sendiri. Dilihat dari segi komunikasi, Disney berada pada
posisi yang sangat rentan saat Eisner menunjukkan rasa frustasinya kepada
publik. Stress dan tekanan dari pihak oposisi membuat Eisner tidak bijak dalam
berhadapan dengan media. Pernyataan pihak perusahaan kepada media, terutama
terkait isu yang kontroversial, perlu disampaikan dengan sangat hati-hati. Hal
ini dikarenakan seluruh pernyataan yang diungkapkan oleh perusahaan dapat
menjadi senjata bagi pihak lain yang berlawanan dengan perusahaan.
Pada
saat pihak Disney mencoba mengomunikasikan rencana pembangunan theme park
kepada masyarakat melalui media. Informasi yang diberikan harus dijelaskan
secara detail agar tidak menimbulkan persepsi yang salah di masyarakat, seperti
: Penjelasan tentang project yang akan dijalankan, Dampak bagi
lingkungan dan Nilai sejarah di balik pembangunan project tersebut. Hal
ini berkaitan dengan citra Disney dan untuk menghindari adanya pro dan kontra
di antara masyarakat. Titik
kerentanan komunikasi Disney yang paling besar adalah tidak adanya kedekatan
Disney dengan media. Akibatnya, oposisi Disney dari PEC dan sejarawan melakukan
pemberitaan buruk di media lokal dan nasional, yang menyebabkan terbentuknya
opini publik yang negatif. Komunikasi
yang paling rentan dilakukan oleh Disney adalah komunikasi dengan pemerintah
setempat dan komunitas lokal mengenai rencananya dalam mengakuisisi lahan di
Washington. Komunikasi dengan pihak-pihak tersebut rentan walaupun dilakukan
secara rahasia. Komunikasi tersebut rentan dikarenakan media dan pihak anti
Disney sangat mengawasi pergerakan yang dilakukan oleh Disney.
Perlawanan dari Disney
Disney perlu mengenalkan dan menanamkan opini yang baik kepada publik mengenai theme park barunya, terutama bagi pihak yang kontra. Adanya penolakan disebabkan kurangnya pengetahuan dan adanya kekhawatiran mengenai apa yang akan terjadi jika theme park tersebut dibangun. Dengan demikian, Disney bisa melakukan lobi dan negosiasi dengan masyarakat, dan menghindari kemungkinan serangan dari oposisi, karena Disney bisa menghimpun kekuatan dari masyarakat.
Disney perlu mengenalkan dan menanamkan opini yang baik kepada publik mengenai theme park barunya, terutama bagi pihak yang kontra. Adanya penolakan disebabkan kurangnya pengetahuan dan adanya kekhawatiran mengenai apa yang akan terjadi jika theme park tersebut dibangun. Dengan demikian, Disney bisa melakukan lobi dan negosiasi dengan masyarakat, dan menghindari kemungkinan serangan dari oposisi, karena Disney bisa menghimpun kekuatan dari masyarakat.
Disney
seharusnya dapat lebih baik lagi dalam mengemas publikasi atas theme park
barunya sehingga tercipta opini publik yang baik terhadap image Disney, yaitu
dengan menggandeng lebih banyak para ahli sejarah Amerika dimana theme park
tersebut mengusung tema sejarah Amerika sehingga para ahli sejarah dapat memberikan
respon positif dan mendukung proyek Disney dan memberi pernyataan bahwa theme
park ini mampu mengangkat sejarah Amerika di masa lalu ke masa kini sehingga
pengunjung nantinya dapat merasakan langsung pengalaman sejarah amerika seakan
nyata dan langsung mengalaminya. Mengarahkan kepada Public Relation dari pihak Disney untuk
melakukan penguasaan materi secara komprehensif dan mengetahui betul
karakteristik masyarakat Virginia serta oposisi, sehingga dapat mengantisipasi
kemungkinan-kemungkinan adanya celah untuk ditekan oleh kelompok-kelompok
tersebut melalui komunikasi yang baik.
Taman
bersejarah akan lebih dikenal oleh wisatawan karena berdekatan dengan tempat
wisata. Meyakinkan pada warga sekitar bahwa pembangunan Disney ini dapat
menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar yang didukung dengan
bertambahnya pendapatan daerah dikarenakan adanya pajak pembangunan dari Disney
dan bagi bisnis hotel dan restoran akan mendapatkan keuntungan karena Disney
akan dikunjungin oleh berbagai wisatawan di dunia. Melakukan pendekatan dengan pengembangan infrastruktur dan transportasi
agar pembangunan tersebut tidak membuat masyarakat menerima dampak kemacetan
dari pembangunan Disney.
Disney
perlu melakukan pendekatan secara lebih intensif, misalnya bekerja sama dengan
media, dengan para ahli untuk menanamkan citra positif di masyarakat mengenai
keuntungan apa saja yang akan diperoleh bagi wilayah dan masyaraat bila theme
park tersebut dibangun. Mematangkan konsep Disneyland,
memberikan arahan yang lebih tajam ke PR sehingga tidak terjadi kesalahpahaman
dan titik lemah yang bisa diserang oleh pihak oposisi
Saran yang
Membuat Disney Diam
Disney perlu mengenalkan dan menanamkan opini
yang baik kepada publik mengenai theme park barunya dan menekankan kembali
bahwa tujuan utama dari pembangunan theme park tersebut adalah agar masyarakat
dapat merasakan pengalaman secara nyata terkait sejarah bangsa mereka. Selain
itu, denganmenanamkan opini publik terhadap Disney, Disney bisa secara perlahan
melakukan lobi dan negosiasi dengan masyarakat dan menghimpun kekuatan serta
persetujuan untuk membangun taman hiburan sejarah. Eisner seharusnya dapat mengkomunikasikan
dengan baik sehingga tidak terjadi kesalahapahaman dan menggunakan public
relation dalam penyampaiannya kepada pihak luar.
Pembangunan Disney ini tetap dilanjutkan karena perusahaan telah
melakukan perencanaan pembangunan yang mengeluarkan dana besar. Selain itu,
Pemerintah setempat telah mendukung perencanaan pembangunan Disney Theme Park
dikarenakan akan memberikan lapangan pekerjaan bagi daerah tersebut.
0 comments:
Post a Comment